KUMPULAN ISTILAH-ISTILAH PENTING DALAM AKUNTANSI

Istilah Penting dalam Akuntansi, UMARWEB.COM - Terkadang kita mengungkapkan atau mengucapkan dalam sebuah argumentasi dengan menggunakan hal yang belum terlalu kita pahami maknanya. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan diulas makna daripada inti pembahasan berikut ini. artikel ini sebenarnya di khususkan untuk orang-orang yang sedang mendalami atau mempelajari akuntansi. Tetapi tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin ikut mempelajarinya juga karena ilmu berhak dimiliki dan di dapatkan oleh siapa saja yang mau mempelajari dan mendapatkannya.

Oke, langsung saja mari kita pahami secara seksama pembahasan pada artikel umarweb.com ini yang akan membahas "KUMPULAN ISTILAH-ISTILAH PENTING DALAM AKUNTANSI".

Apa itu Kumpulan ?
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bahwa Kumpulan adalah sesuatu yang telah dikumpulkan.
Jadi, isi pada artikel ini merupakan apa yang telah Admin kumpulkan dari beberapa sumber.

Apa itu Istilah ?
Menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bahwa Istilah merupakan kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan atau sifat yang khas dalam bidang tertentu.

Apa itu Penting ?
Menurut KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia), bahwa Penting yaitu utama, pokok, sangat berharga, mempunyai posisi yang menentukan.

Apa itu Akuntansi ?
Menurut KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia) Akuntansi adalah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya; hal yang berhubungan dengan akuntan; seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Sedangkan bedasarkan sumber dari buku Akuntansi Suatu Pengantar Berbasi PSAK Buku 1, Akuntansi adalah bahasa bisnis karena akuntansi menyediakan informasi keuangan dan nonkeuangan kepada manajer perusahaan, pemilik perusahaan, investor, pemerintah, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan perusahaan (stakeholder).

Setelah kita mengetahui secara dasar atas pembahasan pada artikel ini, langusng saja kita pelajari bersama istilah-istilah penting dalam akuntansi berikut ini.
  1. Tujuan utama perusahaan adalah memperoleh keuntunga (profit) untuk pemiliknya.
  2. Keuntungan (profit) adalah selisih antara pendapatan dengan beban.
  3. Persamaan Akuntansi dasar adalah sebagai berikut ; Aset = Liabilitas + Modal Pemilik.
  4. Aset adalah segala sesuatu yang bernilai yang dimiliki atau digunakan oleh perusahaan.
  5. Uang atau Aset lainnya yang disetorkan oleh pemilik perusahaan disebut dengan modal pemilik.
  6. Liabilitas adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh pihak-pihak selain pemilik perusahaan.
  7. Laporan Posisi Keuangan adalah sebuah laporan yang menyajikan posisi Aset, Liabilitas, dan Modal pada suatu saat (tanggal) tertentu.
  8. Pendapatan diakui saat pekerjaan yang diberikan oleh pelanggan telah diselesaikan.
  9. Beban adalah segala pengeluaran yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan.
  10. Transaksi pengambilan uang perusahaan oleh pemilik untuk kepentingan pribadinya dicatat dalam akun Prive.
  11. Laporan Laba Rugi adalah laporan yang menyandingkan pendapatan yang diperoleh dengan beban yang terjadi selama periode tertentu.
  12. Laporan Perubahan Modal Pemilik menyajikan perubahan yang terjadi pada modal pemilik pada suatu periode tertentu.
    1. Analisis Transaksi: Lima Langkah
    2. Tentukan Akun yang dipengaruhi oleh transaksi. Contoh akun adalah: kas, piutang dagang, persediaan, beban sewa, pendapatan, jasa, dan lain-lain.
    3. Tentukan kategori dari akun yang dipengaruhi oleh transaksi, apakah termasuk akun aset, liabilitas, prive, pendapatan, atau beban.
    4. Tentukan apakah transaksi tersebut manambah atau mengurangi akun. Contoh: jika Anda menerima kas, berarti akun kan bertambah.
    5. Lihat aturan mendebit dan mengkredit.
    6. Masukkan nilai transaksi ke dalam akun di sisi debit atau kredit berdasarkan aturan mendebit dan mengkredit.
  13. Prosedur akuntansi yang dilakukan setiap periode dikenal dengan istilah Siklus Akuntansi.
  14. Cek merupakan dokumen yang berisikan perintah kepada bank untuk membayar sejumlah kas yang ditarik dari rekening bank pemiliknya.
  15. Faktur Penjualan adalah dokumen yang digunakan dalam kegiatan penjualan barang atau jasa secara kredit. Faktur penjualan digunakan untuk menagih pembayaran kredit kepada pelanggan.
  16. Kuitansi penerimaan kas digunakan sebagai bukti penerimaan kas dari pihak ketiga.
  17. Akun Standar adalah akun formal yang berisikan tanggal, penjelasan, posting reference (PR), debit dan kredit.
  18. Debit adalah sisi kiri suatu akun dan kredit sisi kanan suatu akun.
  19. Saldo normal suatu akun adalah sisi yang bertambah oleh aturan mendebit dan mengkredit.
  20. Kegiatan pencatatan ayat jurnal untuk sebuah transaksi disebut dengan Penjurnalan.
  21. Kegiatan memindahkan ayat jurnal yang ada di jurnal umum ke buku besar disebut dengan posting (Pemindahbukuan).
  22. Neraca Saldo adalah sebuah daftar yang berisikan saldo akhir seluruh akun yang ada di buku besar.
  23. Menurut basis kas, pendapatan dan beban dilaporkan dalam Laporan Laba Rugi pada periode di mana kas telah diterima atau dikeluarkan.
  24. Dengan menggunakan basis akrual, pendapatan dan beban dilaporkan dalam Laporan Laba Rugi pada periode di mana pendapatan dan beban tersebut terjadi.
  25. Ayat jurnal penyesuaian dibuat untuk menyesuaikan saldo akun di buku besar pada akhir periode akuntansi.
  26. Beban dibayar di muka adalah pos-pos yang telah dicatat sebagai Aset tetapi diharapkan menjadi beban selama siklus operasi normal perusahaan.
  27. Pendapatan diterima di muka adalah pos-pos yang telah dicatat sebagai Liabilitas tetapi diharapkan menjadi pendapatan selama siklus operasi normal perusahaan.
  28. Beban yang masih harus dibayar adalah beban-beban yang sudah terjadi atau manfaatnya telah diterima oleh perusahaan tetapi belum dibayar dan dicatat oleh perusahaan.
  29. Pendapatan yang masih harus diterima adalah pendapatan yang sudah menjadi hak perusahaan tetapi belum dicatat karena sampai akhir bulan perusahaan belum mengirimkan faktur (invoice) kepada pelanggan atau pelanggan belum melunasi tagihannya.
  30. Seluruh aset tetap, kecuali tanah, harus disusutkan selama masa manfaatnya.
  31. Beban perlengkapan adalah selisih antara saldo awal perlengkapan ditambah dengan pembelian untuk satu periode dengan saldo akhir perlengkapan.
  32. Penyusutan aset tetap dicatat dengan mendebit akun beban penyusutan dan mnegkredit akumulasi penyusutan.
  33. Neraca Lajur adalah format kertas kerja yang digunakan untuk membuat ringkasan ayat jurnal penyesuaian dan saldo akun untuk penyusunan laporan keuangan.
  34. Jika pendapatan lebih besar daripada beban, maka akan diperoleh laba bersih, sebaliknya jika beban lebih besar daripada pendapatan, maka akan diperoleh rugi bersih.
  35. Aset lancar adalah kas dan aset lainnya yang diharapkan untuk dijual, ditagih, atau digunakan selama satu tahun atau satu siklus normal operasi perusahaan, mana yang lebih lama.
  36. Aset tetap adalah aset berwujud yang diperoleh untuk digunakan dalam kegiatan operasi perusahaan.
  37. Aset takberwujud tidak memiliki bentuk fisik dan manfaat atas aset tersebut tidaklah pasti.
  38. Liabilitas lancar adalah liabilitas yang diperkirakan akan diselesaikan dalam jangka waktu 12 bulan dari tanggal laporan posisi keuangan atau satu siklus normal operasi perusahaan.
  39. Liabilitas jangka panjang adalah liabilitas yang diperkirakan akan diselesaikan lebih dari 12 bulan setelah tanggal laporan posisi keuangan atau satu siklus normal operasi perusahaan.
  40. Modal pemilik adalah bagian hak pemilik dalam perusahaan yang merupakan nilai sisa dari aset suatu perusahaan setelah dikurangi dengan liabilitasnya.
Itulah istilah-istilah penting dalam akuntansi yang telah admin kumpulkan berdasarkan sumber dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dan dari sumber Buku Akuntansi Suatu Pengantar Berbasi PSAK (Buku 1). Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membaca dan mempelajari materi Akuntansi. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, dan Admin tidak bermaksud merubah makna yang terkandung dari sumbernya.
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon