TIPS Mengatasi Laptop/Komputer Bootloop - UMARWEB

TIPS Mengatasi Laptop/Komputer Bootloop versi UMARWEB - Sangat disayangkan sekali apabila kita sedang asik-asiknya mengetik di laptop atau komputer, kemudian terjadi hal yang tidak diinginkan dan tidak terduga. Baik itu mengetik tugas kuliah, tugas sekolah, mengetik artikel untuk di posting ke blog dan ternyata tiba-tiba mati lampu. Setelah dinyalakan kembali si laptop atau komputer kita malah muncul tampilan layar berwarna biru dan hanya sampai logo Windows saja (contohnya). Jangan dianggap sepele hal ini dan jangan dianggap ribet hal ini. Hal ini memang bisa diakali dengan cara-cara tertentu untuk dapat mengembalikan laptop atau komputer kita seperti semula. Hal ini dinamakan "Bootloop".

Tampilan PC yang Bootloop


Kita tidak usah terburu-buru untuk membawa PC kita ke tukang service, tetapi kamu bisa coba beberapa tips dari artikel yang saya posting ini tentang bagaimana cara mengatasi laptop/komputer bootloop. Berikut ini uraiannya.

  • Istirahatkan Sejenak Laptop/komputer
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengistirahatkan terlebih dahulu laptop/komputer yang sedang terjangkit bootloop. Karena komputer adalah suatu mesin atau alat berbasis teknologi yang dirancang manusia dan mempunyai kapasitas terbatas. Bisa jadi karena PC tersebut mesinnya sudah panas dan sudah terlalu lama dipakai sehingga induk mesin laptop perlu diistirahatkan. Istirahatkan kurang lebih 30 menit saja. Sambil mengisitirahatkan PC, kamu bisa ke kamar kecil atau mengerjakan hal yang bermanfaat lainnya.

  •  Nyalakan Laptop/komputer dengan Safe Mode
Contoh tampilan safe mode

Langkah yang kedua silahkan nyalakan kembali laptop/komputernya dengan safe mode. Dengan cara ini PC kamu akan tetap menyala dan dalam kondisi tanpa suara karena sudah berdasarkan program komputernya. Ada 3 pilihan pada safe mode seperti contoh gambar di atas : hanya safe mode, safe mode with networking (safe mode dengan menggunakan jaringan/bisa internetan), dan safe mode command prompt (perintah cepat). Biasanya kalau saya menggunakan safe mode with networking karena bisa sambil internetan. Ketika menggunakan safe mode ini kita bisa mengakses menu dan program di laptop/komputer seperti biasanya dan tanpa adanya suara, tanpa bisa membuka video, dan tidak dapat mengakses situs-situs terlarang.

  • Lakukan Scan laptop/komputer menggunakan Antivirus
Tindakan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan scanning laptop/komputer kamu sehingga dapat terdeteksi virus-virus apa saja yang mungkin mengakibatkan PC kamu menjadi bootloop. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu terjadinya error pada laptop/komputer karena terjangkit virus. Apabila tidak terdeteksi adanya virus berarti laptop/komputer kamu disebabkan oleh faktor yang lain. Tetapi jangan khawatir karena kamu sudah hampir menyelesaikan masalah yang kamu alami. Perhatikan dan ikuti tips berikutnya.

  •  Lakukan Restore laptop/komputer melalui Control Panel
Hampir selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan restore laptop/komputer kamu melalui menu control panel. Pertama silahkan klik control panel, perhatikan gambar ;

Fokus ke Control Panelnya

Kemudian klik Control Panelnya dan pilih "Recovery" selanjutnya akan muncul tampilan layar seperti gambar berikut ;
Tampilan menu control panel
Selanjutnya, akan muncul layar seperti gambar di bawah ini dan pilih bagian "Open System Restore" ;

Klik open system restore
setelah itu, akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik bagian next sampai muncul seperti ini ;

Tampilan langkah restore PC
Panah yang berwarna merah menunjukkan apabila di klik maka akan muncul installan program yang tersedia di laptop/komputer kamu dan dapat kamu pilih salah satu. Sedangkan untuk panah yang berwarna biru menandakan untuk melanjutkan ke proses penyelesaian restore. Silahkan di klik neskt apabila sudah yakin dengan pilihan kamu.

Dan selanjutnya akan muncul tampilan layar seperti berikut ini ;

Tahap akhir restore sistem
Nah, silahkan tahap terakhir adalah dengan menekan tombol "finish" untuk menyelesaikan proses Restore. Proses ini akan memerlukan waktu sekitar 15-30 menit tergantung kapasitas dan kekuatan laptop atau komputer yang kamu miliki.

Dengan menggunakan langkah system restore ini kemungkinan besar yang sudah saya alami bahwa laptop saya kembali normal dan tidak bootloop lagi. Tidak ada salahnya apabila kamu tertarik dengan tips yang saya berikan melaui artikel ini. Apabila kamu kurang yakin silahkan mencari alternatif yang lainnya. Semoga artikel ini dpaat membantu kamu yang sedang mencari solusi bagaimana cara mengatasi laptop/komputer yang telah terjangkit bootloop. Semoga ini salah satu solusinya. Dan itulah tips mengatasi laptop/komputer bootloop versi UMARWEB.

0 Response to "TIPS Mengatasi Laptop/Komputer Bootloop - UMARWEB"

Post a Comment