7 Manfaat Penting Mengkonsumsi Sayuran - UMARWEB - UMARWEB

9/02/2017

7 Manfaat Penting Mengkonsumsi Sayuran - UMARWEB

7 Manfaat Penting Mengkonsumsi Sayuran - Sayuran di Indonesia sangat mudah sekali untuk di dapatkan bahkan hampir di setiap Daerah banyak sekali ditumbuhi oleh sayuran. Seperti Singkong saja yang hanya di tancapkan ke tanah bisa tumbuh dengan subur, saking suburnya tanah di Indonesia. Akan tepai, terkadang masyarakatlah yang kurang peka terhadap apa yang sebenarnya diperlukan untuk kesehatan tubuh dalam mengkonsumsi asupan setiap harinya.

Sayuran Tumbuh Subur

Dengan dimudahkannya kehidupan manusia di zaman serba modern ini dan serba mudah mengakses media, banyak masyarakat yang memenuhi asupan tubuh setiap harinya mengkonsumsi produk instant. Ingin cepat gemuk, ingin cepat langsing, ingin cepat halus kulitnya, dan lain sebagainya cenderung masyarakat memilih mengkonsumsi produk instan. Padahal dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya akan manfaat dahsyat bagi kesehatan tubuh itu lebih baik dan sangat dianjurkan.

Tentu berbeda dengan kehidupan pada zaman dahulu. Manusia di zaman kala itu usianya sampai ratusan tahun, karena salah satu penyebabnya mereka mengatur pola makan. Dengan mengkonsumsi sayuran salah satunya yang kaya akan beribu manfaat bagi regenerasi organ-organ manusia setiap waktunya. Supaya lebih jelas lagi akan  saya uraikan 7 Manfaat Penting Mengkonsumsi Sayuran. 

1). Mencegah Penyakit Kanker

Sebagai pencegah timbulnya Kanker, sayuran ini memang terbukti akan khasitnya. Sayuran memiliki zat yang mungkin kurang banyak diktahui oleh masyarakat awam, yaitu zat enterolaction dan enterodiol yang berfungsi sebagai pencegah timbulnya kanker. Selain itu, sayuran mempunyai kandungan vitamin, zat besi, klorofil, lignin, indol, dan zat lainnya yang dapat membentuk sebuah sistem detoksifikasi dalam tubuh yang berfungsi menetralkan zat karsinogen sehingga perkembangan kanker akan terhambat di dalam tubuh manusia.

2). Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes diakibatkan karena menurunnya hormon insulin pada tubuh manusia yang disebabkan kelenjar pankreas tidak dapat bekerja secara sempurna di dalam tubuh. Salah satu alternatif pemulihannya yaitu dengan mengkonsumsi banyak sayuran. Sayuran mempunyai kandungan zat yang berfungsi sebagai anti diabetes, yaitu zat alil propel disulfide, kalium, mangan, sodium sulful dan pektin. Apabila kurang mengkonsumsi sayuran maka zat tersebut akan berkurang di dalam tubuh. Fungsi dari senyawa tersebut sangatlah penting dalam proses berjalannya metabolisme di dalam tubuh yang mengolah karbohidrat menjadi energi, kemudian dikelola oleh fungsi hati sehingga dapat mengurangi aktivitas gula darah dalam tubuh manusia dan secara otomatis dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes.

3). Mencegah Penuaan Dini

Beribu khasiat dan manfaat sayuran bagi tubuh manusia memang tidak ada batasnya. Terdapat kandungan seperti zat antioksidan, flavonoid, klorofil, mangan, mineral, dan pigmen karoten yang berfungsi untuk mengahmbat proses penuaan dini. Proses penuaan dini salah satu penyebabnya yaitu adanya proses oksidasi di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak sayuran secara teratur maka akan membantu mencegah oksidasi aktif berperan di dalam tubuh.

4). Mencegah Penyakit Kolesterol

Terdapat zat kholin bitartrate, asam pantotenat, dan serat tinggi yang terdapat pada sayuran yang berfungsi untuk mengurangi dan mencegah penyakit kolesterol dalam tubuh manusia. Apabila tidak ingin terkena penyakit kolesterol maka sering-seringlah mengkonsumsi sayuran. Sayuran yang mempunyai serat tinggi sebagai anti kolesterol, seperti Buncis dan Bayam.

5). Mengontrol Berat Badan

Sayuran selain mencegah penyakit juga dapat membantu mengontrol berat badan tubuh manusia yang terkadang menjadi masalah bagi penampilan. Dengan adanya kandungan serat, air, dan kalori rendah pada sayuran maka akan dapat membantu proses penyeimbangan berat badan. Sayuran tersebut bisa dispesifikasikan seperti asparagus, kembang kol, jagung, dan kubis. Apabila ingin sehat dan dapat terkontrol berat badannya maka konsumsilah sayuran dengan baik dan teratur.

6). Mencegah Penyakit Anemia

Pernah mengalami anemia atau sering mengalami anemia, maka perlu tindakan lebih lanjut untuk mengatasinya. Penyakit anemia memang sering diderita oleh kebanyakan orang saat ini. Salah satu cara mencegah dan mengurangi resiko tersebut maka konsumsilah sayuran dengan teratur. Dengan khasiat sayuran yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12 akan membantu memperbaiki fungsi dari sel darah merah. Sel darah merah inilah yang akan mengontrol terhadap timbulnya penyakit anemia tersebut, tentunya dengan dihasilkannya hemoglobin oleh sel darah merah yang sehat.

7). Mencegah Hipertensi

Hipertensi yang dikenal sebagai tekanan darah tinggi adalah melebihinya tekanan darah pada seseorang atau tidak normal. beberapa faktor penyebabnya bisa karena kurangnya berolah raga, terlalu sering stress, dan pola diet yang kurang baik. Dengan mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat sodium tinggi maka akan membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi itu muncul pada tubuh. Beberapa sayuran yang memiliki kandungan zat sodium tinggi, yaitu asparagus, bawang putih, bawang merah, dan buncis. Rajin-rajinlah mengkosumsi sayuran tersebut supaya terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat beresiko pada kematian.

Itulah uraian informasi mengenai 7 Manfaat Penting Mengkonsumsi Sayuran versi UMARWEB. Semoga dapat membantu pengunjung laman ini dalam mengumpulkan referensi, sehingga dapat membantu dalam proses penyelesaian maslaah kesehatan.

No comments:

Post a Comment