5 Manfaat Mengkonsumsi Rebusan Daun Sirih Secara Rutin

5 Manfaat Mengkonsumsi Rebusan Daun Sirih Secara Rutin - Daun Sirih yang berwarna hijau secara umumnya sering kita lihat begitu banyak di halaman rumah maupun di perkebunan. Dari zaman dahulu kala, nenek moyang Bangsa Indonesia sering mengunyah daun sirih ini yang dicampuri oleh kapur. Memang rasanya yang tidak terlalu bersahabat di lidah tetapi khasiat atau manfaatnya yang begitu banyak apabila kita konsumsi secara teratur terutama untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sirih


Artikel kali ini akan menguraikan infromasi dari manfaat mengkonsumsi daun siri yang berfungsi untuk kesehatan seluruh tubuh. Cara mengkonsumsinya bisa dikunyah langsung maupun di rebus terlebih dahulu dan diminum air rebusannya.

  • Berfungsi Menyembuhkan Penyakit Asma
Apabila Anda mempunyai gangguan pernafasan atau sering disebut juga dengan "Asma", salah satu untuk mengobatinya adalah dengan mengkonsumsi daun sirih secara teratur. Meskipun penyakit asma ini tidaklah seperti penyakit diabetes, jantung atau kanker yang merupakan penyakit kronis. Namun, tidak ada salahnya Anda berusaha untuk membuat tubuh senyaman mungkin dan sesehat mungkin. Dengan mengidap penyakit asma, setidaknya Anda akan sedikit terganggu dalam beraktifitas seperti, tidak dapat mengerjakan pekerjaan yang begitu berat, sesak nafas, dan lain sebagainya. Mungkin bagi Anda yang pernah mengalami penyakit asma akan lebih mengetahui bagaimana efek yang dirasakan.

Nah bagi anda yang mengalami hal tersebut, olah daun sirih untuk dapat dikonsumsi dengan cara sebagai berikut :
  1. Ambil 4 - 5 lembar daun sirih yang sudah cukup matang (hijau pekat).
  2. Rebuslah daun sirih dengan menggunakan 2 gelas air bersih
  3. Rebus hingga tersisa 1 gelas.
  4. Minumlah air rebusan daun sirih tersebut secara rutin 2-3 kali sehari.
  •  Berfungsi Menyembuhkan Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan merupakan suatu penyakit yang hampir sama dengan asma, seperti terganggunya saluran pernafasan yang kurang nyaman apabila tidak segera disembuhkan. Nah, untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan ini Anda dapat mengkonsumsi rebusan daun sirih secara teratur.Mengolah rebusan daun sirih caranya juga sama persis seperti membuat rebusan daun sirih untuk menyembuhkan penyakit asma. Rajin-rajinlah meminum rebusan daun sirih ini apabila Anda ingin segera sembuh dari radang tenggorokan. Minumlah air rebusan daun sirih ketika Anda merasakan sakit tenggorokan. Air rebusan daun sirih dapat meredakan nyeri pada tenggorokan dan dan pat melegakan pernafasan, mengurangi gejala batuk, dan mengobati suara yang serak.

  •  Berfungsi Mengobati Sakit dan Iritasi Pada Mata
Manfaat dari rebusan daun sirih juga dapat mengobati rasa sakit dan iritasi pada mata. Jangan dianggap sepele apabila Anda pernah atau sedang mengalami sakit dan iritasi pada mata, sebab mata merupakan organ tubuh yang paling sering digunakan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari seperti, Membaca, menonton televisi, memasak, dan masih banyak lagi aktifitas yang membutuhkan fungsi kerja mata. Salah satu penyebab mata terjangkit iritasi karena sering terkena polusi udara. Apabila Anda pernah mengalami hal ini dan di obati menggunakan obat tetes mata, sebaiknya Anda lakukan dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih.

Berikut akan Saya uraikan langkah-langkah mengobati sakit dan iritasi pada mata dengan menggunakan rebusan daun sirih :
  1. Ambil 1-2 lembar daun sirih yang sudah cukup matang.
  2. Rebuslah daun sirih dengan 1 setengah gelas air.
  3. Tunggu hingga airnya sudah terasa dingin.
  4. Teteskan air rebusan daun sirih tersebut ke mata.
  5. Bisa juga dengan cara dikompreskan ke mata Anda.
  •  Berfungsi Melancarkan Haid (Menstruasi)
Bagi Anda para wanita yang telah mencapai dewasa atau cukup usia, sebagian besar pasti sudah merasakan yang namanya menstruasi atau haid. Ada yang terasa nyeri saat hal itu terjadi dan ada yang biasa-biasa saja tidak merasakan nyeri. Sebagian wanita ada yang tidak menyukai jamu untuk menetralisirkan kelancaran menstruasinya. Salah satu solusinya bagi Anda para wanita bisa mencoba dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih yang berfungsi melancarkan proses haid (Menstruasi). Hal ini cukup terbukti dengan adanya obat-obatan di pasar yang menjual beragam obat menstruasi yang mengandung komposisi daun sirih.

Berikut ini akan Saya uraikan cara mengkonsumsi dan membuat rebusan daun sirih untuk melancarkan haid :
  1. Ambil 3-5 daun sirih yang sudah cukup matang.
  2. Rebuslah daun sirih hingga mendidih dengan menggunakan air secukupnya.
  3. Tunggu rebusan daun sirih tersebut hingga airnya cukup dingin.
  4. Minumlah selama masa haid (menstruasi).
  • Berfungsi Menghilangkan Bau Mulut
Bau mulut ini terkadang mengganggu kepercayaan diri dalam beraktifitas terutama pada saat berbicara dengan rekan kerja. Bau mulut ini dapat disebabkan karena sering memakan makanan yang berlemak, berminyak, mengandung bau-bauan (jengkol dan pete). Maka dari itu, Anda dapat mencoba untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih. 
Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih :
  1. Ambil daun sirih sekitar 3-4 lembar.
  2. Rebuslah daun sirih tersebut menggunakan air bersih hingga mendidih.
  3. Tunggu hingga rebusan menjadi dingin.
  4. Berkumurlah dengan rebusan daun sirih tersebut.
  5. Hal ini dilakukan setelah makan dan sikat gigi terlebih dahulu.
Demikian lah artikel yang membahas tentang 5 manfaat mengkonsumsi rebusan daun sirih secara teratur. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesadaran akan kesehatan tubuh dan tidak menggunakan biaya yang mahal karena daun sirih sangat mudah untuk kita dapatkan.
Advertisement

You might also like

1 Comments:


EmoticonEmoticon