Inilah Perjuangan dan Persiapan Sangga Kerja Tour Edukasi RAIMUNA NASIONAL Ke-11 Tahun 2017

Bidang Tur Edukasi RAIMUNA NASIONAL 2017
Sudah menginjak hari ke-8 di bulan Agustus setelah berlangsungnya kegiatan Pramuka dalam rangka pertemuan antara Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Indonesia juga Pramuka dari Asia. Kegiatan RAIMUNA NASIONAL yang Ke-11 Tahun 2017 ini di selenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur pada tanggal 13-21 Agustus 2017. Tentunya kegiatan ini menjadi ajang yang merupakan kesempatan emas bagi para Pramuka Penegak dan Pandega di Indonesia khususnya. Setiap Provinsi mengirimkan perwakilannya berdasarkan metode seleksi yang diselenggarakan di Daerah masing-masing yang akhirnya didapatkan perwakilannya untuk dikirimkan ke RAIMUNA NASIONAL.Itulah sekilas mengenai RAIMUNA NASIONAL dan untuk lebih jelasnya lagi silahkan tanyakan kepada mbah kita semua yaitu mbah Google, hehe.
Dalam pelaksanaan kegiatan ini diantaranya ada yang dinamakan Sangga Kerja yang berfungsi sebagai motor dari kegiatan ini. Sama halnya dengan peserta RAINAS, bahwa Sangga Kerja RAINAS juga tidak sembarangan orang dapat masuk dan menjadi SANGKER. Ada beberpa tahapan dalam perekrutan Sangga Keja RAINAS ini. Sangga Kerja RAINAS haruslah mempunyai identitas yang jelas khususnya identitas dalam kePramukaan. Minimal untuk menjadi Sangga Kerja RAINAS ini Pramuka Penegak sudah dalam jenjang LAKSANA, dengan siap mental dan fisik sehingga dapat optimal dalam menjalankan tugas selama kegiatan berlangsung.

Dalam Sangga Kerja RAINAS ini terbagi kedalam beberapa bidang salah satunya yang akan kita simak bersama yaitu bidang Tour Edukasi/Tur Edukasi. Kebetulan admin juga merupakan salah satu Sangker Tur Edukasi di kegiatan ini. Sungguh banyak sekali kenangan dan pengalaman yang berharga telah admin dapatkan. Mulai dari mendapatkan kawan yang beaneka ragam keahliannya meskipun dalam waktu yang singkat, tetapi kebersamaan dan kekeluargaan seakan kami sudah kenal begitu lama.

Apa saja sih persiapan Sangga Kerja Tur Edukasi sebelum hari H tiba ?

  • Persiapan kami tak lepas dari yang namanya kumpulan/pertemuan dalam rangka membahas teknis pelaksanaan.
  • Mengadakan sesi pemantapan para Liaison Officer (LO) yang bertugas memandu dan mendampingi peserta pada saat hari H.
  • Mengadakan Audiensi dengan pihak-pihak yang akan menjadi tempat kegiatan Edukasi, seperti wilayah Jakarta Pusat (Galeri Nasional, Monumen Nasional, Museum Nasioanl/Museum Gajah, Kwartir Nasional, dan Balai Kota DKI Jakarta), Wilayah Jakarta Timur (Taman Mini Indonesia Indah, Halim Perdana Kusuma), Wilayah Jakarta Utara (PT. Astra, Kawasan Wisata Kota Tua), PT. Garuda Indonesia, Stasiun Televisi dan Media, serta wilayah lainnya yang di jadikan tempat edukasi.
  • Membuat topi untuk Sangga Kerja Tur Edukasi.
  • Dan masih banyak lagi persiapan dan perjuangan yang telah dilakukan oleh Sangga Kerja Tur Edukasi RAINAS 2017.

Kepala Bagian Tur Edukasi (Kak Agus Sunarya) dan Kabag bidang lainnya
Dengan jiwa KePramukaan kamilah bahwa semua harus dihadapi dengan penuh semangat dan jangan pantang menyerah serta terus melangkah dalam menjalankan tugas ini. Dengan pengalaman inilah admin khususnya begitu beruntung dapat bersama mereka, karena dari mereka admin mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan yang belum pernah admin dapatkan di tempat lain. Giat Tur Edukasi mempunyai Jargon "We Come, We Fun, Enjoy Jakarta" dan Jargon RAINAS "Kreatif, Inovatif, Berkarakter.. KIBAR". Sampai sekarang kalimat itu terus mengiang seakan hari-hari terus penuh dengan semangat.

Tur Edukasi Jakarta Pusat di Kwartir Daerah (Simulasi)
Di gedung Kwartir Daerah DKI Jakarta inilah kami khususnya dari Giat Tur Edukasi melaksakan simulasi dan pemantapan para Penanggung Jawab lokasi edukasi dalam menyampaikan teknis pelaksanaan kepada team Sangga Kerja Tur Edukasi, begitupun para Liaison Officer juga sama sama dimantapkan lagi dalam cara memandu/mendampingi peserta selama perjalanan edukasi dan harus lebih matang lagi dalam penguasaan materi tentang wilayah edukasi.

Ada hal yang menggelitik admin mungkin juga menggelitik sebagian team edukasi, yaitu kak Imas dari RACANA UNJ mempresentasikan cara mengajak peserta untuk semangat dan fokus. Kak Imas melakukan aksi "Sikap Combro" begini redaksinya : Kak Imas : Sikap Combro, Combroooo dibuatnya dari apaaaa ?. Sing ... Sing... kooong,, terus ada kelanjutannya. Dengan dorongan dan support terus dari Kepala Bagian (Kak Agus Sunarya), Ibu Negara sebutan untuk Kak Nurfidiah (Kak Rambo) dan KAUR (Kak Rian Himawan, Kak Woro, Kak Evin, Kak Satrio, Kak Retno) juga pihak lainnya kepada kami sebagai team Tur Edu yang sama sama berjuang dalam mensukseskan kegiatan RAIMUNA NASONAL yang Ke-11 Tahun 2017.

Sangat banyak sebenarnya kegiatan persiapan dalam menghadapi RAINAS ini khususnya di bidang Giat Tur Edukasi, tetapi dilain waktu akan admin share lagi kegiatan-kegiatan selama RAINAS yang sangat penuh makna ini. semoga apa yang telah kita korbankan, apa yang telah kita dapatkan dapat sama sama bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk Bangsa Indonesia. aamiin.

Artikel ini hanyalah bersifat informasi semata yang admin susun sesederhana mungkin dengan tujuan untuk melatih dan terus melatih admin untuk dapat lebih baik lagi dalam menyajikan sebuah informasi. Admin berharap dapat mengaplikasikan semua poin "DASA DHARMA" dalam kehidupan sehari-hari dan melaksanakan tugas sebagai seorang Pramuka untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Satu jiwa untuk satu Indonesia, PRAMUKA, Bisa!!.

0 Response to "Inilah Perjuangan dan Persiapan Sangga Kerja Tour Edukasi RAIMUNA NASIONAL Ke-11 Tahun 2017"

Post a Comment